Just another free Blogger theme

Subscribe Us

Analisa frekuensi curah hujan adalah berulangnya curah hujan baik jumlah frekuensi persatuan waktu maupun periode ulangnya. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung besarnya curah hujan pada kala ulang tertentu.


Tahap pertama yang dilakukan tentunya adalah mencari data hujan untuk lokasi yang ingin kita analisa. Data hujan yang diperlukan adalah data hujan harian maksimum setiap tahunnya. Data hujan yang harus didapatkan untuk melakukan analisa frekuensi minimal sebanyak 16 tahun, namun ada juga sebagian yang menyatakan data hujan minimum yang harus didapatkan adalah sebanyak 20 tahun.

Data Hujan Maksimum tahun 1992 - 2010

Setelah didapatkan Hujan Maksimum (Rmax) kemudian urutkan dari data yang terbesar ke yang terkecil (Ri) atau sebaliknya. Setelah itu tentukan parameter statistik.


Kemudian tentukan rata-rata, standar deviasi, koefisien swekness (Cs), koefisien kurtosis (Ck), dan koefisien varians (Cv).


1). Rata - rata

2). Standar Deviasi (SR)

3). Koefisien Swekness (Cs)
4) Koefisien Kurtosis (Ck)

5) Koefisien Varians (Cv)
Setelah dihitung dan didapatkan parameter statistik, kemudian tentukan sebaran atau jenis distribusi berdasarkan syarat-syarat pada tabel berikut.


Sumber: Bambang Triatmodjo, 2008

Hasil Perhitungan

Berdasarkan syarat yang berlaku, jenis sebaran atau distribusi yang digunakan ialah Distribusi Log Pearson III. Namun, selain menentukan sebaran dengan syarat-syarat diatas, juga perlu dilakukan Uji Chi Kuadrat dan Uji Smirnov Kolmogorov. Terkadang hasil yang didapatkan akan berbeda, makanya perlu dilakukan lagi Uji Chi Kuadrat dan Uji Smirnov Kolmogorov.

Perlu Diperhatikan!!!
Untuk melakukan Uji Chi Kuadrat dan Uji Smirnov Kolmogorov, terdapat perbedaan perhitungan parameter statistik antara Distribusi Normal dan Gumbel dengan Distribusi Log Normal dan Log Pearson III.
Untuk perhitungann diatas adalah untuk Distribusi Normal dan Gumbel, sedangkan untuk Distribusi Log Normal dan Log Pearson III setiap perhitungan parameter statistik nilai nya harus di Log kan. 


Thank You


Jika ada saran mengenai topik atau semacamnya, silahkan hubungi saya melalui icon sosial media yang tertera BETIRIK

0 Comments:

Posting Komentar